1. 10 Cara Mudah Agar Tabulampot Cepat Berbuah_
  2. SariAgri -  Selama masa pandemi Covid-19 tak jarang masyarakat Tanah Air yang melakukan tren bercocok tanam. Salah satu bercocok tanam yang dilakukan adalah budidaya tabulampot atau tanaman buah dalam pot.Budidaya tabulampot merupakan metode menanam buah di lahan yang sempit. Hal ini sangat cocok digunakan bagi Sobat Agri yang tidak memiliki perkarangan luas.Dalam penerapannya, ada beragam cara yang dilakukan supaya budidaya tabulampot cepat tumbuh dan berkembang. Namun, beberapa orang masih merasa kesulitan dalam merawat tabulampot agar berbuah. Nah, kamu ingin tahu cara menanam tabulampot agar cepat berbuah?Berikut 10 cara mudah agar tabulampot cepat berbuah. Dikutip dari laman Dinas Pertanian, Kabupaten Mojokerto.1. Tanam Buah Sesuai IklimJangan sampai tanaman dataran tinggi di tanam di dataran rendah, begitupun sebaliknya. Hal ini menjadi penting diperhatikan karena akan menentukan tanaman tersebut dapat berbuah jika sesuai dengan ketinggian tempat tumbuhnya. Sebagai contoh, tanaman jenis strawberry akan rajin berbuah jika ditanam di daerah dingin dan kurang cocok ditanam di daerah panas atau dataran rendah.2. Asal Bibit yang JelasTempat pembelian dan perolehan asal bibit yang ditanam di pot harus jelas. Sangat dianjurkan untuk membeli bibit di tempat penangkar yang terpercaya.Dengan mengetahui varietas dan asal usul bibit yang jelas maka dapat menghilangkan salah satu penyebab tanaman tidak berbuah.3. Bibit Cukup UmurSupaya tabulampot cepat berbuah usia bibit juga harus diperhatikan, sehingga tidak menunggu terlalu lama untuk membuahkannya. Usia yang ideal adalah antara 4 hingga 6 bulan sejak bibit turun dari induknya.4. Media Tanam Harus SuburMedia tanam yang digunakan harus subur dan gembur. Artinya, media tanam harus memenuhi syarat tumbuh tanaman. Untuk itu kamu harus memahami jenis campuran media yang cocok untuk suatu tanaman buah. Media tanam terdiri atas tanah, pupuk kandang, kompos, dan bahan lain sebagai tambahan. Penggantian media tanam sangat disarankan setahun sekali.
  3. Baca Juga: Budi daya Anggur di Pekarangan Mulai Diminati Warga Pontianak Inilah Cara Merawat Pohon Pisang Barangan Agar Berbuah Maksimal
  4. 5. Suplemen SeimbangKebutuhan hara dan nutrisi juga harus cukup. berita hortikultura terkini Untuk itu, dibutuhkan pemupukan secara rutin. Kelebihan dan kekurangan dosis tentu dapat berdampak buruk bagi tanaman. Pada intinya tanaman membutuhkan unsur hara makro serta unsur hara mikro.Pastikan waktu dan cara pemberiannya tepat agar tanaman dapat memanfaatkan pupuk secara maksimal. sehingga tabulampot cepat berbuah.6. Intensitas Sinar MatahariSeluruh tanaman sangat membutuhkan matahari untuk  sistem fotosintesisnya. Tetapi perlu diingat, tidak semua jenis tanaman senang dengan cahaya matahari yang terlampau banyak.7. Pengendalian Hama dan PenyakitAda banyak jenis hama dan penyakit yang dapat menyerang tanaman. Untuk itu, diperlukan perawatan secara intensif agar tanaman terhindar dari serangan hama dan penyakit sehingga tabulampot cepat berbuah.8. Pemangkasan yang TepatPemangkasan pada intinya bertujuan untuk menjaga pertumbuhan tanaman agar tetap pendek dan sehat serta membuat tabulampot cepat berbuah. Prioritas pemangkasan lebih disarankan pada daun daun tua. Dengan pemangkasan yang terprogram dengan baik, maka tabulampot dapat tampak lebih cantik, menarik serta kokoh. Apabila menginginkan tabulampot yang berkualitas, pemangkasan dapat dilakukan sejak mulai dari bibit. Bila pemangkasan teratur dikerjakan, maka akan membuat tabulampot cepat berbuah dan bisa dibentuk sesuai dengan selera serta pemilik. 9. Pengeratan BatangSupaya tabulampot cepat berbuah dapat dilakukan pengeratan pada batang. Tekniknya adalah batang pohon dikerat atau dilukai. Fungsi dari pengeratan ini untuk menghalangi makanan yang telah ada di batang turun lagi melewati susunan kambium, sehingga dapat merangsang tabulampot cepat berbuah.  10. Melakukan Stress AirCara yang paling sederhana agar tabulampot cepat berbuah adalah dengan cara melakukan stress air pada tanaman tersebut. Namun, perlakuan stress air tidak boleh dilakukan secara sembarangan.Sebagai Contoh, lakukan penyiraman pada tanaman pot tersebut supaya tanaman tersebut tidak mati saja. Bisa 10 hari sekali atau bahkan kita siram 1 bulan sekali saja. http://customerpolicedepartment.com/members/closehen3/activity/767525/ Lakukan stress air ini selama 3 bulan, selanjutnya setelah 3 bulan lakukan penyiraman normal seperti semula setiap pagi dan sore hari.
  5. berita hortikultura terkini Video terkati:

http://customerpolicedepartment.com/members/closehen3/activity/767525/

Comments powered by Disqus